Jumat, 12 November 2010

Waspadalah Dengan Jus Jeruk


Hobi Minum Jus Jeruk Beresiko Asam Urat

Penyakit asam urat (gout) memang kebanyakan dialami oleh kaum pria. Namun, bukan berarti wanita bebas dari penyakit yang bisa menyebabkan nyeri sendi ini. Salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko ini adalah kebiasaan minum jus jeruk (orange juice) dua gelas setiap hari.


Selain jus jeruk, minuman kalengan yang manis juga memiliki risiko yang sama jika diminum dua kali sehari. Para peneliti yang dari Universitas Boston mengatakan, minuman yang tinggi kandungan gula buah atau fruktosa, bisa menyebabkan endapan asam urat yang terkumpul di dalam sendi dan menimbulkan rasa nyeri.

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara mengikuti pola makan 80.000 wanita selama 22 tahun. Mereka yang minum orange juice dua gelas setiap hari beresiko 40 persen terkena asam urat. Sementara itu yang konsumsinya minumannya lebih dari dua kali risikonya naik 2,4 kali.

Minuman kaleng yang tinggi gula seperti soft drink juga memiliki risiko terkena gout yang tinggi, yakni 70 persen. Karena itu para peneliti menyarankan agar para penggemar minuman manis mulai mengurangi kebiasaannya tersebut.

Untuk menghindari penyakit asam urat, disarankan untuk mengurangi makanan yang
mengandung senyawa purin, seperti sayur bayam, kangkung, bunga kol, jamur, asparagus, melinjo, daging, sarden, jeroan, kepiting, tiram, udang, dan kacang tanah.

Selain karena faktor makanan, peningkatan produksi asam urat dalam darah juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-
obat kanker, vitamin B12), penyebab lainnya adalah obesitas, penyakit kulit (psoriasis, kadar trigliserida yang tinggi).
Kompas.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More